Cara Memotivasi Anak SD Semangat untuk Belajar

Anak yang semangat dan giat belajar serta memiliki nilai akademis yang baik di sekolah adalah harapan dari setiap orangtua. Oleh karena itu, para orang tua melakukan berbagai usaha dan cara guna memotivasi putra-putri mereka agar semangat belajar. Ada yang mengikutkan anak-anaknya untuk kursus tambahan, serta tidak sedikit para orangtua yang berperan langsung menjadi pembimbing belajar.

Guna memotivasi anak sekolah dasar (SD) belajar, maka orangtua diharuskan terlibat langsung. Caranya, orangtua harus peduli serta tertarik dengan pelajaran anak. Kemudian, biasakan untuk berkomunikasi dengan putra-putri kita, seperti meminta mereka untuk menceritakan apa yang sudah dipelajari di kelas.

Selain itu, seorang psikolog bernama Roslina Verauli dikutip dari Kompas (15/11/15) mengatakan, para orangtua juga harus menjadi sosok teladan untuk anak-anak. Tidak bisa dipungkiri bahwa hal pertama yang dicontoh anak-anak adalah apa yang anak-anak lihat pada orangtua mereka.

Para orang tua harus memberi contoh misal dengan baca buku, koran, atau buku pelajaran di depan anak supaya mereka dapat mengambil contoh kebiasaan baik yang sama,” kata Roslina.

Roslina Verauli mengingatkan para orang tua, jangan malas untuk menemani anak belajar. Dengan kita menemani anak belajar maka bisa membuat hati si kecil gembira karena merasa diperhatikan, sehingga mereka akan lebih bersemangat lagi untuk belajar.

Mari kita bantu anak-anak kita menemukan potensi mereka, sehingga mereka bisa sukses di bidangnya masing-masing. Masa anak-anak di sekolah dasar adalah masa yang tepat buat kita menanamkan hal-hal positif ke mereka agar kelak ketika dewasa mereka sudah memiliki pondasi dasar yang kuat.

Sumber : sekolahdasar.net

Sekolah Karakter Fikar School

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *