cara mendidik anak agar mandiri Cara Mendidik Anak Agar Mandiri – Memiliki buah hati adalah dambaan dan kebahagiaan setiap orang tua. Namun Anda juga harus bisa tahu bagaimana cara mendidik anak agar mandiri sehingga dalam tumbuh kembangnya, buah hati Anda tidak harus bergantung apapun terhadap orang lain. Memang benar bahwa setiap orang tua punya gaya parenting yang berbeda namun tidak ada salahnya untuk terus belajar sehingga buah hati berkembang sesuai dengan apa yang mereka miliki. Anak yang mandiri cenderung lebih siap untuk terjun dan bergaul dalam kehidupan dibandingkan dengan anak-anak yang manja.

Cara mendidik anak agar mandiri yang pertama adalah dengan membiasakan anak sejak dini untuk buang air besar dan kecil langsung di toilet. Jika usianya sudah menginjak 3 tahun maka biasakan untuk menggunakan alat yang ada di toilet seperti flush di kloset. Jangan membiasakan anak buang air di jalan, di tanah atau di tempat yang tidak semestinya. Kemudian cara yang kedua adalah dengan melatih anak berpakaian sendiri. Mengenakan pakaian adalah cara mendidik anak mandiri yang juga masuk dalam tahapan dasar. Dengan begitu sekaligus bisa menghindari anak-anak untuk tergantung dengan orang lain apalagi soal anggota tubuh yang cukup sensitive dan private yang tidak boleh dilihat dan disentuh oleh sembarang orang.

Mungkin selama ini banyak orang tua yang masih berpikir bahwa anak kecil jangan diajari banyak hal karena toh orang tua bisa membantu. Buang jauh-jauh hal tersebut dari pikiran Anda karena anak-anak bisa melakukan banyak hal bahkan diluar perkiraan Anda sebagai orang tuanya. Sebagai orang tua pun Anda harus siap untuk melepaskan buah hati agar nantinya bisa hidup sendiri dan mandiri. Berikutnya untuk cara mendidik anak agar mandiri adalah dengan mengajarkan cara mengenakan sepatu sendiri. Selain untuk melatih otot tangan juga belajar mengenakan sepatu sangat baik untuk anak belajar melayani dirinya sendiri dan tidak perlu tergantung pada orang lain walaupun terkesan lebih mudah dan cepat. Anak akan terbiasa berusaha sendiri untuk dirinya sendiri sehingga meningkatkan daya juang yang dimilikinya.

Cara Mendidik Anak Agar Mandiri By Sekolah Karakter Fikar School

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *