Cara Belajar Efektif dan Efisien untuk Anak SDAnak SD atau tingkat Sekolah Dasar saat ini sudah mendapatkan mata pelajaran yang banyak yang terkesan cukup sulit dibandingkan  dengan anak SD jaman dulu. Namun jika Anda bisa membantunya untuk menemukan cara belajar efektif dan efisien maka hal itu tidak akan jadi soal yang membingungkan. Tentu saja setiap anak punya kemampuan masing-masing yang tidak boleh dibandingkan atau disamakan dengan anak lainnya. Hal itu harus Anda tanamkan dalam diri Anda sebagai orang tua sehingga tidak menuntut anak untuk mencapai hal yang mungkin bukan dibidang kemampuannya

Untuk anak SD yang masih dalam masa bermain maka cara belajar efektif yang efisien tentu saja berbeda dengan Anda yang sudah dewasa. Untuk membuat anak-anak senang dengan namanya belajar maka buatlah suasana yang nyaman dan menyenangkan sehingga anak tidak paranoid apalagi jika sudah menyentuh mata pelajaran Matematika, Fisika yang dikenal sulit. Kemudian Anda juga harus belajar mengenali type belajar buah hati apakah dengan cara serius, dengan bermain, sambil mendengarkan musik atau cukup mendengarkan penjelasan saja sudah bisa. Hal ini yang seringkali tidak dikuasai oleh orang tua yang menyebabkan anak-anak kemudian terkesan sulit menangkap materi yang disampaikan padahal hanya cara belajarnya yang salah. Selain itu, buatlah jadwal belajar secara teratur setiap hari sehingga belajar menjadi kebiasaan misalnya saja jam 19.00 – jam 20.00 setiap hari untuk belajar. Cukup  1 jam setiap hari dan jika sudah menjadi kebiasaan maka hasilnya juga akan mengikuti.

Karena saat ini sudah jaman teknologi maka tidak ada salahnya Anda juga mengajak buah hati untuk memanfaatkan teknologi misalnya menonton video tentang penjelasan bagaimana sebuah gunung bisa meletus. Dengan begitu ada hal yang membuat mereka tertarik dan penasaran dari pada hanya sekedar mendengarkan penjelasan tanpa bentuk visual yang nyata. Cara belajar efektif dan efisien untuk anak SD yang mana masih masa bermain tentu saja jangan sampai merenggut masa indah mereka. Buatlah belajar menjadi selingan yang menyenangkan bukan kewajiban dalam tekanan yang membahayakan psikis dan mental mereka nantinya.

By : Home Schooling Fikar School Sekolah Karakter

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *